ScribbleScrabble

Tuesday, March 14, 2006

My first days in Champaign

I was looking through my files and found the first letter I sent to my friends from Champaign-Urbana. So, here it is...

Halo semua……!!!!

Greetings from boring Urbana-Champaign. He he he…. Dah nyampe nih… di kampus yang tenang & damai dan luar biasa gedenya….. Gedungnya ada puluhan, dan untuk berbagai urusan harus jalan dari satu gedung ke gedung lainnya yang jaraknya berblok-blok jauhnya…. Hiks hiks…. Gw yang terbilang terbiasa jalan kaki aja sekarang lagi tersiksa setengah mati. Dengkul gw biru-biru saking banyaknya jalan… dan sekarang alhasil gw harus mengitari kampus dengan kaki pincang-pincang karena otot ketarik semua dan sakitnya luar biasa! Gak tau, salah pake sepatu kali… tapi apa daya gak ada cara lain selain harus jalan kaki…. Ada sih bis, tapi belum ngafalin rute & jadwalnya.

Oh iya…. Gw utang cerita ke banyak orang ya…. So langsung aja ya… gw mulai kisah gw. Alkisah… tibalah saya di Urbana-Champaign di sore hari tanggal 13 Agustus. Dari Detroit ke Champaign naik pesawat kecil yang isinya cuma 33 orang, asli kecil banget dan jelek banget. Gw gak nyangka di negeri Paman Sam ini masih ada pesawat macam gitu. Yang bunyi baling2nya keras banget, dan semuanya bergetar saat ada di udara. Saking pendeknya tuh pesawat, bule2 pada “kejeduk” kalo jalannya gak hati2. Untungnya buat gw, itu satu2nya pesawat di mana akhirnya gw bias naro tas di atas kursi tanpa harus jinjit atau minta tolong orang… he he

Dua hari pertama di sini gw habiskan untuk tidur sepuasnya. Hari pertama, gw bangun jam 12 siang… he he Untungnya gw nebeng di apartment (apt) temen gw, Lala, yang kosong, jadi tidur kaya kebo pun gak ada yang tahu… Keesokan harinya, petualangan gw di mulai. Di sore hari itu, anak2 Indo di sini menjemput gw untuk pindahan ke apt gw di Armory St. Sampai di sana, kita menyaksikan sebuah break-in, alias ada orang lagi mencuri.

Seorang bule lagi nangkring, mau manjat ke dalam salah satu ruangan di kompleks apt gw. Anak2 yang mengantar gw memutuskan untuk telpon 911. Dalam 2 menit polisi tiba di lokasi (cepet ya…?). Kita bikin laporan pandangan mata, dan anak2 memutuskan sebaiknya gw tidak move-in hari itu dengan alas an keamanan. Belum2 juga disambut dengan pengumuman di pintu masuk apt, yang intinya bilang harus berhati2 karena banyak mahasiswa Asia (cewek) yang jadi korban kejahatan. Mereka ada yang ditodong dengan pistol, dipalak, bahkan ada yang diperkosa. Hiiiii… ngeri. Masuk ke dalam apartemen, gw semakin depresi….. tempatnya kecil banget..... bau apek dan pengap, kulkasnya pun berbau amat sangat tak sedap.....perabotannya juga udah kuno banget, bahkan lemari bajunya terbuka menganga karena kuncinya dah rusak. Pokoknya langsung bikin stress deh, rasanya mau nangis.... Dan yang bikin hati tersayat-sayat gw sudah terlanjur tanda tangan kontrak senilai $3,300 yang gak mungkin gw batalin.... Hiks hiks hiks....!

Apapun yang terjadi gw bertekad ke luar dari apt itu. Bukannya apa2, pulang malam gw merasa gak secure, di dalam apartemen pun gw ngerasa gak aman maupun nyaman. Gila gak... gimana juga caranya gw mau belajar dengan tenang..????


So, gw bertekad untuk meng-sublease apartment itu. Artinya gw harus mencari orang yang mau nyewa apartemen itu dari gw, tapi biasanya dengan harga diskon. Gw langsung telpon manajemen gedung lapor kalo mau sublease, terus gw pasang iklan online, yang satu gratis, yang satu bayar sedolar sehari selama 5 hari. Tapi, hari gini, siapa juga yang mau apt kaya gitu, kalo dia gak desperate banget. Tugas besar berikutnya adalah mencari apartemen baru, yang aman, nyaman, dan affordable. Itu pun bukan tugas yang mudah karena biasanya semua apt yang bagus sudah fully booked dari bulan Juli. Sekolah bentar lagi mulai, semua orang biasanya dah settled in.

Gw searching beberapa apartemen yang tersisa dan nemu 2 apt yang lumayan bagus. Asik sih tempatnya, 2 bedroom apt dengan dapur, oven, microwave, bahkan mesin cuci & dryer di dalam apt. Harganya pun lumayan murah, karena sublease-an. Masalahnya, keduanya lokasinya agak jauh dari kampus. Harus naik bis yang lewatnya ½ jam sekali. Bisa gak pernah kuliah gw, kalo bangun kesiangan…he he.

Dengan pasrah gw kirim email ke university housing, tanya2 siapa tahu ada tempat, padahal di website mereka bilang sudah penuh semua dan harus mencoba tahun depan….Di univ ini ada 2 dorm, namanya Sherman Hall, dan Daniels Hall. Sherman tempatnya tuh kecil banget. Lebih kecil dari apt gw yang di Armory dan kamar mandinya harus sharing dengan beberapa orang. Kelebihannya, lokasinya strategis dan sangat aman (24 hour security). Daniels lebih keren tempatnya, dan baru direnovasi, jadi semua peralatannya masih brand new. Nah… yang ini mah, tempatnya udah abis di booking orang dari kapan tahu. Pokoknya gak mungkin lah dapet tempat ini…. Hanya dalam mimpi.

Gw hanya berdoa supaya ada keajaiban. Pokoknya gw pasrah sepasrah2nya. Untungnya gw gak panik. Yang panik mah orang-orang di rumah gw, terutama nyokap of course. Gw hanya berpikir, kalau gw memang ditakdirkan harus di Armory (apt gw yang jelek) berarti gak ada orang yang akan mau sewa tempat gw, dan gw gak akan dapet apt baru. Tapi kalo gw memang diijinkan untuk pindah apt, pasti gw diberi jalan. Gw sudah melakukan segala sesuatu yang harus gw lakukan.

Amazingnya, di hari pertama iklan gw muncul di koran on-line, ada orang Korea yang nelp nanyain apt gw yang mau dipake kakaknya. Dia mau lihat saat itu juga. Langsung gw balik ke apt yang belum pernah gw huni itu (gw nginep di temen2 indo gw), tapi sebelumnya beli pewangi ruangan dan karpet, supaya aptnya rada wangian dikit. Seluruh ruangan gw semprot pewangi… bahkan kulkas yang bau busuk itu…. Dan seluruh karpet gw sebarin bubuk pewangi. Begitu si orang Korea yang bernama Paul datang dengan kakaknya, tempatnya dah lumayan wangi lah…. Ajaibnya lagi, malam itu si Paul, orang Korea yang tyt ganteng itu telp gw, bilang kalo kakaknya jadi ambil apartemennya….., bahkan minta kalo bisa pindah keesokan harinya! Whuuuuuaaaaaa!!!!! Senang luar biasa gw! Besoknya, kita langsung nego harga dan hari ini kita sign kontrak. (Btw, dia bayar harga penuh, jadi gw gak rugi sepeserpun, cuma dia sewa hanya u/ 10 bulan bukan 12 bulan. So…gw masih ada 2 bulan sewa yang harus ditanggung. Moga2 summer depan ada yang mau sewa lagi).

Jadilah gw homeless!!! Apt gw dah di sewa orang dan gw gak punya tempat tingal. Pilihan gw Sherman Hall atau sharing apt dengan roommate yang gw temukan di roommates.com. Sebenernya gw sempet janjian sama si calon roommate dr Cina, tapi sayangnya waktu dia gw telp lagi, dia lagi gak ada, so gw menghubungi Sherman Hall instead. Di saat gw mau sign kontrak Sherman, sebuah keajaiban terjadi lagi. Tiba2 petugas administrasinya bilang kalau ada SATU kamar di Daniels Hall, yang baru saja batal diambil orang. Dia nanya, gw mau atau gak….. Gila aja!!!! Gak perlu ditanya pun gw mau!!! So, akhirnya di sinilah gw berada…. Menikmati fasilitas lab computer yang letaknya persis di sebelah kamar gw (ada 11 komputer Pentium 4, Windows XP, Office 2003). Di ruangan gw pun tersedia kabel TV (Cuma belum punya tv), internet tanpa batas (Cuma entah kenapa laptop gw belum bisa nyambung), AC, microwave, kulkas, dan sambungan telpon lokal gratis (Cuma belum punya telpon juga…) he he he…. Cuma ada satu kendala, yang mungkin bikin nyokap gw sedih….. di ruangan gak boleh masak… Jadi, pupuslah harapan nyokap anaknya ini akan terampil memasak setelah pulang ke Indo, he he… Sia sia deh gw bawa semua bumbu instan Indofood. But all in all, pokoknya, happy ending deh…. Intinya... BELIEVE IN MIRACLES, they do happen sometimes!

Plus, gw dah ditawarin kerjaan di kampus pula…. Jadi asisten lab semester depan, bantuin ngajar anak undergrad matakuliah ADVERTISING RESEARCH, terutama untuk hal-hal STATISTIK…. Hue hue hue….. Halo…..???? Apa gak salah? Gw kan paling BENCI dan gak bisa Stat, dulu aja nyaris gak lulus! Stat 1 dapet C… he he he. Dan…. Sangat mengingatkan gw akan tabel-tabel SUMSIG…. Yang gw bikin di kantor dan bikin gw gak bisa tidur itu lho……. Lagipula, bukannya di sini gw mau belajar Adv Research ya…? Kok malah disuruh ngajar? Tapi, namanya dapet tambahan dolar…. Siapa yang nolak sih….?

Ya sud, wish me luck ya guys…. Sekarang gw bisa tidur dengan nyenyak, meski tanpa bantal (Bantal ketinggalan di apt temen gw).

Btw, di sini international studentnya banyak banget…. Kebanyakan orang Korea, Cina, dan India…. Wahai orang Indonesia….. di manakah kalian….? Yang banyak orang Indonya sih anak undergrad. Pas pertama gw dateng , gw dikira anak undergrad. He he, gaul sama mereka masih pantes siiiih…. Karena di sini banyak orang Asia, makanya makanan lumayan gampang. Di kampus ada Chinese resto yang jual nasi, tadi beli Rice Bowl isi Chicken MUSHROOM, wuah jamurnya besar2! He he (tahu dong gw pecinta jamur!). Kalo di resto Cina atau Korea, porsinya guede banget, bisa buat 2-3 kali makan.

Ntar, gw kirimin foto2 deh… sekarang ceritanya dulu… Kok panjang ya….? Sori kalo cape bacanya. Abis doyan ngetiknya… Ok guys, bye bye… Miss u all

Luv,
Ajeng

written: August 2004

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home